Langsung ke konten utama

TTDJ

Hari ini hari apa ya? Hari minggu kan ya? Huh, coba semua hari namanya hari minggu ya. Kan enak ga harus macet-macetan berangkat ke kantor terus. Terus kalo nagih utang juga enak. Ditanya "Kapan mau bayar?" Dia jawab "Iya entar bang minggu kedua." Itu berarti lusa dia bakal bayar. Kan minggu itungannya jadi hari. Hehehee.

Lagi pada ngapain ni? Enak ya bisa online terus, sampe mau-maunya baca Blog yang ga penting ini. Jangan habiskan waktumu sia-sia. Jangan baca Blog ini kalo mau umur kamu pendek. Loh! Emangnya gue malaikat Izrail.

Daripada makin ngaco, mending dengerin sharing ane aja ya. Iya denger. Belum bisa denger juga ya? Coba colokin headset ke komputer ato handphone kamu. Sudah? Denger kan? Belum kedengeran ya? Kalo di headset kamu ga kedengeran suara apa-apa berarti kamu benar-benar jenius.

Mau aja dipinterin sama orang pinter.

Tapi masih ada yg lebih pinter loh. Kalo sering naik motor di jalan kamu pasti akan nemuin beberapa contohnya. Misalnya: orang yang naik motor dengan tangan mengangkang (kedua siku melebar kayak naik Harley Davidson). Mereka yg naik motor dengan posisi tangan seperti itu pasti adalah mereka yg tidak pakai Rexona. Pernah liat iklannya kan? Kalo ga pake Rexona pasti keteknya basah terus. Nah, karena keteknya basah, atas dasar efisien mereka sekalian mempersilakan masuk sebanyak-banyaknya angin ke ketek mereka. Kan lumayan, pas nyampe tujuan ketek udah kering.

Yang kedua, ini lebih pinter. Frekuensi mereka di jalan raya sekarang sudah mulai kecil. Maklum, orang pinter itu minoritas sob. Golongan yang satu ini menganut paham efektivitas yg amat radikal. Mereka menyangkutkan handphone mereka di helm. Asoy nelpon bebeb sambil naik motor. Atau mengangguk "iya-iya" karena ditelpon bos. Sebenernya ga terlalu masalah si ya. Tapi kasian aja misalkan sambil naik motor, telponan sama bebeb janjian ketemu dimana. Eh malah jadi ga bisa ketemu lagi gara-gara dia nyungsruk ke got karna ga fokus bawa motor. Maka itu ketahuilah sob, kadang kepinteran itu dapat menjerumuskan seseorang. (ke dalam got)

Nah, yang ini adalah orang pinter level selanjutnya. Kalo yang level pertama tadi orang yang naik motor sambil nelpon. Maka yang satu ini gue ga tau mereka ini orang atau kucing (yg katanya punya nyawa sembilan). Mereka adalah segolongan ekstremis paham efektivitas. Saking ekstremnya mereka tak lagi memedulikan nyawa. Mereka seperti tenaga terlatih: sms-an sambil naik motor.

Tau kan para teroris yang rela tewas dalam peristiwa bom bunuh diri? Dibandingkan golongan ini para teroris itu ga ada apa-apanya. Kalo bom bunuh diri kan matinya dalam satu detik. Kalo orang yang kelindes trék gara-gara sms-an smbil naik motor kan rentang menuju sakaratul mautnya agak lama. Coba diselamatin dulu sama warga, difoto-foto dulu, direkamin dulu. Pas sampe rumah sakit ditanya banyak dulu: ini keluarganya siapa? Siapa yang bertanggung jawab? Akhirnya beberapa saat kemudian baru dia ketemu sama malaikat.

Duh kasian ya? Bener loh. Tanpa sengaja, beberapa kisah di atas bisa jadi ada dalam dunia nyata. Ini bukan tentang pinter ato bodoh. Ini tentang kelangsungan hidup kita yang ditentukan seberapa banyak kita menggunakan akal sehat dlm sehari-hari. Ada yang bilang sih: hidup ini terlalu singkat bila kita salah memilih. Salah satunya mungkin, ya salah memilih sikap.

Auuuu. Krik-krik.

Tuh, udah malem tau. Ane pamit dulu ye. Besok pan kudu berangkat pagi kita. TTDJ.

Wassalam.

Komentar

Anonim mengatakan…
wah keren gan, makasih udah share!

Postingan populer dari blog ini

Hati Berproses

Waktu bergulir begitu cepat seperti debu yang merambat. Sesekali dapat terlihat dari celah sinar mentari yang masuk ke rumah. Debu berterbangan bebas tanpa arah. Namun itu menurut kita. Seperti waktu, debu dihadirkan dengan takdirnya mengikuti arah angin yang membawanya. Bisa menempel di pohon-pohon, bisa menempel di celah bangunan pencakar langit, bisa juga mengendap di lorong dapur tempat ibu biasa memasak. Maka waktu, meski bukan sekumpulan zat organik yang terbang bebas di sekitar kita, ia adalah jatah yang kita miliki, jatah keluasan udara yang kita rasakan saat ini. Wahai sang pemilik waktu, izinkanlah aku hanya berdoa kepada-Mu. Wahai pemilik bulan november yang menakjubkan, ada seorang anak kecil yang sedang berproses disana. Sejak kecil ia adalah wanita yang pandai menjaga dirinya. Seorang yang suci dan tak mudah terdistraksi. Sikapnya yang bijaksana melapisi tubuh mungilnya. Proses menentukan hasil. Semoga jiwa besarnya mengantarkan ia ke level selanjutnya.

Setan

Kutulis ini setelah aku bercengkerama dengan setan. Tak ada kebohongan tersirat dari wajahnya. Dia berkata seolah tak pernah ada yang mendengarnya. "Dunia ini hanya tinggal sisanya saja," katanya. Antara ada dan tiada aku pun memercayainya. Sisa dari apa? Aku pun tak paham. Namun begitulah dia beserta sifatnya. Berusaha membisikkan kuping manusia dengan kejahatan, meski itu bukan suatu kebohongan. Ya, kejahatan memang sudah lama merasuk dalam setiap sendi kehidupan umat manusia. Bercokol dalam dusta setiap ruh yang memakmurkannya. Tak ada bisa, tahta pun jadi. Kursi kekuasaan mampu melegitimasi nasib lebih-lebih daripada bisa meluluhlantakkan kancil yang arif. Sudah lama cerita ini menggema. Berulang terus dalam beberapa kisah berbangsa dan bernegara. Bukan hanya di atas saja. Dampak kuasa itu terus menjalar ke aliran selokan-selokan di bawah jalan raya ibu kota. Pengemis berdasi bergelimpangan memenuhi zona kapitalisasi ekonomi yang tak pernah lagi sama. Tipu muslihat tel

Passing Through

Hampir setiap tiga bulan kita bisa lihat ada smartphone keluaran terbaru yang mengusung spesifikasi terbaik. Handphone yang ada di tangan kita saat ini bisa menyediakan hampir semua kebutuhan kita, dia menampilkan sejuta pesona, dia adalah layar kotak bersinar penuh kilau. Sebagian waktu kita bisa jadi lebih banyak dihabiskan di depan layar smartphone atau komputer. Tapi tahukah kamu bahwa waktu adalah salah satu modal terbesar kita untuk membuat diri kita menjadi apa kita inginkan. Misalnya, kita ingin jadi orang sejahtera yang terlihat dari mobil yang kita punya, kita ingin punya perusahaan yang mempekerjakan beberapa karyawan, kita ingin lulus cumlaude dari sebuah universitas dan dipanggil sebagai mahasiswa terbaik pada perayaan wisuda, dan seterusnya. The problem is: the most of us doesn't realize what we want to be. " Because we're living in a world of fools ," begitu kata band legendaris Bee Gees dalam salah satu lagunya. Apa saja yang bersinar di layar gadget