Langsung ke konten utama

Tahun Baru, Buka Semangat Baru


Malam tahun baru selalu identik dengan acara perayaan pergantian tahun. Gemerlap air mancur dan ribuan sorot lampu kendaraan bermotor seolah menjadi pertanda bergantinya tahun Semua itu dilakukan tidak lain sebagai syarat berakhirnya hari-hari lalu yang kelam dan akan dimulainya tahun baru yang penuh harapan. Tidak ada harapan yang lebih besar selain optimalisasi potensi diri. Karena, salah satu mengenal jati diri adalah dengan mengenal potensi diri. Tahun baru, buka semangat baru. Buka halaman baru dengan catatan yang bermutu.

Oleh karena itu, jangan salahkan siapa-siapa bila hari esok sama dengan hari ini. Semua itu adalah pilihan. Catatan-catatan lalu yang penuh noda dapat tertutupi. Halaman putih dapat menjadi warna-warni. Potensi dan prestasi, itulah parameter keindahan isi halaman. Masuk perguruan tinggi yang baru dibuka memang pilihan. Namun, menggali potensi adalah sebaliknya. Bengkel sastra Polimedia dapat menjadi salah satu pilihan. Sejak manusia mampu menulis, sastra telah menjadi hal yang menarik untuk ditekuni. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapat bila ikut UKM bengsas.

Kemampuan berbahasa mutlak harus dimiliki setiap orang, baik lisan maupun tulisan. Terkadang kecakapan berbahasa mampu merepresentasikan kapabilitas seseorang, termasuk mahasiswa. Sastra merupakan salah satu unsur dalam ilmu bahasa. Diperlukan kemampuan berbahasa yang mencukupi sebelum mempelajarinya. Hal itu pula yang terjadi di Bengkel Sastra PoliMedia (BSP) kompetensi berbahasa setiap anggota dipicu untuk lebih baik lagi dengan bersastra bersama. Dengan kemampuan berbahasa yang terus dilatih seperti itu, akhirnya mahasiswa mampu menggunakan pilihan kata dengan benar. Lugas secara lisan dan jelas lewat tulisan.

Sastra kerap diartikan sebagai keindahan tekstual yang imajinatif, seperti novel, puisi, dan syair. Imajinasi, gagasan, serta berbagai ilmu pengetahuan mampu dibungkus sastra dengan indah dalam karya tulis yang menarik. Tidak heran bila perempuan terkaya saat ini adalah JK Rowling, penulis Harry Potter yang Internasional Best Seller itu. Oleh karena itu, karya tulis merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan fungsi BSP di tengah Mahasiswa PoliMedia. Ketika salah satu anggota mampu menghasilkan sebuah karya tulis, hal itu dapat menjadi pemicu semangat bagi yang lainnya, penggugah kreatifitas dan produktifitas mahasiswa di bidang sastra.

Bila paragraf sebelumnya membahas tentang membangun budaya menulis lewat BSP, maka sekarang mari kita lihat kegiatan lainnya, yaitu pengkajian. Dalam kajian yang berbentuk seminar, Talk Show, bedah buku, dan lainnya, akan lahir sebuah budaya yang diharapkan tertanam di kalangan mahasiswa, yaitu budaya baca. Sesungguhnya, otak anda tak pernah berhenti memproses informasi dan membuat berbagai pilihan dalam level pikiran bawah sadar, misalnya tangan mana yang anda gunakan untuk memungut sesuatu, ke arah mana anda akan berbelok, juga berlaku ketika anda memutuskan cara untuk memanfaatkan waktu anda, papar Lynn Pierce dalam bukunya; Subconscious Mind in Action.

Selanjutnya, BSP mampu melatih rasa percaya diri mahasiswa ketika tampil di depan publik. Lewat kemampuan berbahasa yang baik setiap orang berani lugas berkata-kata, dengan mengkaji buku daya baca seseorang dapat digugah, dan dengan tampil di atas panggung mahasiswa mampu melatih rasa percaya dirinya. Teater, begitu asing di mata sebagian orang, namun perannya amat besar sebagai salah satu kegiatan pengembangan diri manusia. Tidak hanya rasa percaya diri, sikap seseorang dapat menjadi lebih baik dengan pendalaman karaktaer. Teater begitu penting, mengingat banyaknya mahasiswa Indonesia yang berkarakter rapuh dan berjiwa labil. Teater yang merupakan bagian dari BSP menjadi pilihan penting bagi mahasiswa PoliMedia yang ingin merubah dirinya menjadi lebih baik dan lebih berkarakter.

Komunitas ini adalah salah satu bentuk usaha bersama yang terbentuk bukan tanpa tujuan. Dengan adanya saluran pengembang potensi seperti BSP ini, potensi dan kemauan tidak lagi menjadi mimpi yang sulit diraih. Karena, disinilah semuanya dapat diraih. Tahun baru, buka semangat baru, hapus mimpi semu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati Berproses

Waktu bergulir begitu cepat seperti debu yang merambat. Sesekali dapat terlihat dari celah sinar mentari yang masuk ke rumah. Debu berterbangan bebas tanpa arah. Namun itu menurut kita. Seperti waktu, debu dihadirkan dengan takdirnya mengikuti arah angin yang membawanya. Bisa menempel di pohon-pohon, bisa menempel di celah bangunan pencakar langit, bisa juga mengendap di lorong dapur tempat ibu biasa memasak. Maka waktu, meski bukan sekumpulan zat organik yang terbang bebas di sekitar kita, ia adalah jatah yang kita miliki, jatah keluasan udara yang kita rasakan saat ini. Wahai sang pemilik waktu, izinkanlah aku hanya berdoa kepada-Mu. Wahai pemilik bulan november yang menakjubkan, ada seorang anak kecil yang sedang berproses disana. Sejak kecil ia adalah wanita yang pandai menjaga dirinya. Seorang yang suci dan tak mudah terdistraksi. Sikapnya yang bijaksana melapisi tubuh mungilnya. Proses menentukan hasil. Semoga jiwa besarnya mengantarkan ia ke level selanjutnya.

Setan

Kutulis ini setelah aku bercengkerama dengan setan. Tak ada kebohongan tersirat dari wajahnya. Dia berkata seolah tak pernah ada yang mendengarnya. "Dunia ini hanya tinggal sisanya saja," katanya. Antara ada dan tiada aku pun memercayainya. Sisa dari apa? Aku pun tak paham. Namun begitulah dia beserta sifatnya. Berusaha membisikkan kuping manusia dengan kejahatan, meski itu bukan suatu kebohongan. Ya, kejahatan memang sudah lama merasuk dalam setiap sendi kehidupan umat manusia. Bercokol dalam dusta setiap ruh yang memakmurkannya. Tak ada bisa, tahta pun jadi. Kursi kekuasaan mampu melegitimasi nasib lebih-lebih daripada bisa meluluhlantakkan kancil yang arif. Sudah lama cerita ini menggema. Berulang terus dalam beberapa kisah berbangsa dan bernegara. Bukan hanya di atas saja. Dampak kuasa itu terus menjalar ke aliran selokan-selokan di bawah jalan raya ibu kota. Pengemis berdasi bergelimpangan memenuhi zona kapitalisasi ekonomi yang tak pernah lagi sama. Tipu muslihat tel
Sudah lama sepertinya saya tidak menulis di media ini. Sumpah, susah tau menuang isi pikiran ke dalam tulisan semacam ini. Terakhir kali nulis di blog ini tahun 2018 dan sekarang sudah 2023! Lama juga ya. Sedikit cerita kenapa saya bisa nulis lagi di blog ini adalah disebabkan satu keputusan salah yang saya buat di tahun 2022, yaitu membeli MacBook Air M1 yang harganya jauh lebih mahal dari laptop windows kebanyakan. Iya, saya salah karena sebetulnya saya belum mampu beli device ini secara cash. Haha. Saat ini alhamdulillah saya sudah menikah & memiliki seorang anak. Anak perempuan lucu bernama Zhafira. Jadi lima tahun saya tapa menulis blog ini adalah waktu panjang yang saya isi dengan keputusan-keputusan penting dalam hidup. Menyukai perempuan - menikah - punya anak: itu sungguh pilihan penting yang akan mengubah seluruh hidupmu. Mengubah pandanganmu terhadap realitas dunia yang sedang kamu jalani, mengubah orientasi nilai-nilai yang kamu dapatkan & harapkan.  Mungkin bagi ya