Langsung ke konten utama

Semeleh


Dalam menjalani hidup ini, terkadang kita (termasuk saya) lebih suka mengedepankan dugaan atau prasangka dalam menilai situasi ataupun individu. Misalnya saja, ada seorang seorang anak SMP yang pulang ke rumah dengan motor yang lecet dan celana di bagian dengkul yang sobek dan basah kena darah. Karena kemarin ketika pulang kerja sang Ayah melihat anak berseragam SMP kebut-kebutan di jalan sambil membonceng temannya, maka sang anak yang datang dengan wajah pucat itu disambut dengan perkataan: “Makannya! Baru bisa naik motor mah gak usah belagu ngebut-ngebut! Rusak deh tuh motornya. Emangnya kamu bisa benerin?” Alih-alih berharap ada yang segera menolong dengkulnya di rumah, si anak malah cemburu sama motor yang tadi jatuh karena keserempet truk tangki Pertamina ketika ia mencoba menyalip dari sebelah kiri dengan ragu-ragu.
Ketika kita bersikap berdasarkan informasi yang baru dilihat, itu merupakan siklus normal respon otak manusia. Hal itu tak jauh berbeda dengan halaman facebook yang langsung terbuka ketika kita memasukkan password yang benar. Namun tentu pikiran kita tidak sama dengan Komputer yang beroperasi berdasarkan instruksi yang diterima. Kita juga memiliki hati sebagai penyelaras pikiran. Selanjutnya hati memiliki peran tersendiri dalam perkembangan jiwa manusia. Perannya yang paling dasar: mengetahui siapa dirinya. Pada suatu pagi saya iseng bertanya kepada seorang tukang kue biasa dipanggil ayah saya untuk sarapan dan bekal sekolah adik saya, “udah berapa lama bu, jualan kue?” wanita yang sudah cukup berumur itu menjawab, “ Alhamdulillah, dek. Dengan kerjaan seperti ini saya bisa nyekolahin anak saya SD sampai SMP. Saya sudah semeleh sekarang. Pasrah saking Gusti Allah. Ya mungkin memang rezeki saya dari kue ini.” Mulut saya tak bisa lagi mengomentari ucapannya.
Bila profesi tukang kue saja dapat disyukuri dengan sederhana, bagaimana dengan profesi  sebagai pegawai swasta atau pegawai negeri, atau bahkan pejabat Negara. Bagaimana kita menyikapi pekerjaan kita sehari-hari tergantung bagaimana kita mengenal diri sendiri. Saya sebagai karyawan swasta misalnya, kerap mendapatkan pemandangan unik di kolong flyover jalan tol Pondok Pinang. Unik karena jarang saya lihat dalam kehidupan sehari-hari: bermodalkan botol kecil yang diisi segenggam beras seorang anak berusia sekitar 11 tahun mengamen dalam mobil angkutan umum, sedang adiknya yang dekil dan seharusnya duduk di bangku TK membagikan amplop kecil kepada setiap penumpang. Tetapi itu bukan peristiwa yang unik barangkali bagi orangtua mereka yang bekerja sebagai pengemis. Gambaran ini menyentil kesadaran saya; rasa syukur saya karena percaya bahwa segala sesuatunya telah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Saya percaya, hati memiliki andil penting dalam mekanisme(kesadaran) batin ini.
Muncul pertanyaan selanjutnya bila benar hati memengaruhi kesadaran setiap jiwa manusia. Sadar akan kehidupan yang berkecukupan dan naluri serakah yang dapat bertambah. Menjadi penjual kue keliling apalagi pengemis tentu bukan pekerjaan yang diharapkan setiap orang. Tetapi lihatlah, dengan profesi seperti itu ada orang yang mampu semeleh (bahasa Jawa: pasrah) dan membesarkan anaknya dengan senang hati. Namun di bagian kota yang lain, lihatlah betapa mereka merasa kurang puas atas penghasilan yang didapatnya. Kasus-kasus korupsi yang melibatkan para wakil rakyat dan sebagian petinggi partai penguasa (baca: Demokrad) yang kita saksikan di televise hanyalah bagian atas dari gunung es perilaku korup di lingkungan administrasi pemerintah, mulai dari perangkat desa sampai Menteri sebagai perangkat pembantu Presiden. Tak ayal perilaku korup tersebut membentuk sebuah adat yang hanya dimiliki suatu bangsa yang hampir hancur. Keadilan sosial dikesampingkan, kepedulian sosial terkikis, meringis dalam garis yang tipis. Garis itu makin menipis ketika terpampang jelas pada zaman ini dilema sosial Negeri kita: yang kaya makin makmur sejahtera, yang miskin makin sesak terpilin. Negeri yang memiliki SDA melimpah – di darat maupun di laut, dipimpin dan dikelola oleh manusia yang ingin hidup seperti raja. Alhasil ekonomi kapitalisme yang mulai merajai pasar diabaikan saja, asal ada sedikit kapital yang diselipkan ke saku.
Saya yakin penjual kue yang sering lewat depan rumah saya dan para pengemis dan keturunannya yang hidup di emper jalanan ibukota tak begitu paham apa itu kapitalisme. Mereka tak sadar bahwa sistem tersebut hanya memenangkan orang yang memiliki paling banyak modal (kapital). Sedangkan mereka yang tidak punya apa-apa hanya dapat berdoa agar hari-harinya secerah dulu kala. Ketika saya mengetik tulisan ini dan menengok acara televisi, aktris Wulan Guritno yang mengenakan gaun dengan belahan “V” sampai ke perut – lengkap dengan kalung emas yang tebal, sedang naik ke atas panggung Movie Award. Terlepas dari rasa penasaran bawa ada sedikit bagian payudara Wulan Guritno yang tersembul dari balik gaun mewah yang dikenakannya, saya mencoba membandingkan, apa yang sedang dilakukan bocah pengamen di kolong flyover jalan tol Pondok Pinang ketika saya bisa asyik nonton televisi di rumah saat ini? Memerhatikan sekeliling kita dengan lebih seksama terkadang merupakan cara terbaik dalam menikmati hidup ini. Ada hal yang kita lewatkan ketika kita mengeluhkan sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana. Sungguh, hanya Tuhanlah yang memiliki rencana mutlak bagi setiap mahluk ciptaannya. Apa benar setiap orang hanya merasa bahagia bila semuanya berjalan sesuai harapan dan rencananya? Menurut saya, kita dapat selalu merasa bahagia bila kita selalu berpikiran positif dalam mengenal diri sendiri. Di akhir saya mengutip perkataan seorang bersahaja yang pernah saya lihat di televisi: “Tujuan hidup kita bukanlah untuk menjadi berbahagia. Tujuan hidup kita adalah untuk menjadi sebab bagi kebahagiaan, bagi diri sendiri dan bagi sebanyak mungkin orang lain” [Mario Teguh].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati Berproses

Waktu bergulir begitu cepat seperti debu yang merambat. Sesekali dapat terlihat dari celah sinar mentari yang masuk ke rumah. Debu berterbangan bebas tanpa arah. Namun itu menurut kita. Seperti waktu, debu dihadirkan dengan takdirnya mengikuti arah angin yang membawanya. Bisa menempel di pohon-pohon, bisa menempel di celah bangunan pencakar langit, bisa juga mengendap di lorong dapur tempat ibu biasa memasak. Maka waktu, meski bukan sekumpulan zat organik yang terbang bebas di sekitar kita, ia adalah jatah yang kita miliki, jatah keluasan udara yang kita rasakan saat ini. Wahai sang pemilik waktu, izinkanlah aku hanya berdoa kepada-Mu. Wahai pemilik bulan november yang menakjubkan, ada seorang anak kecil yang sedang berproses disana. Sejak kecil ia adalah wanita yang pandai menjaga dirinya. Seorang yang suci dan tak mudah terdistraksi. Sikapnya yang bijaksana melapisi tubuh mungilnya. Proses menentukan hasil. Semoga jiwa besarnya mengantarkan ia ke level selanjutnya.

Setan

Kutulis ini setelah aku bercengkerama dengan setan. Tak ada kebohongan tersirat dari wajahnya. Dia berkata seolah tak pernah ada yang mendengarnya. "Dunia ini hanya tinggal sisanya saja," katanya. Antara ada dan tiada aku pun memercayainya. Sisa dari apa? Aku pun tak paham. Namun begitulah dia beserta sifatnya. Berusaha membisikkan kuping manusia dengan kejahatan, meski itu bukan suatu kebohongan. Ya, kejahatan memang sudah lama merasuk dalam setiap sendi kehidupan umat manusia. Bercokol dalam dusta setiap ruh yang memakmurkannya. Tak ada bisa, tahta pun jadi. Kursi kekuasaan mampu melegitimasi nasib lebih-lebih daripada bisa meluluhlantakkan kancil yang arif. Sudah lama cerita ini menggema. Berulang terus dalam beberapa kisah berbangsa dan bernegara. Bukan hanya di atas saja. Dampak kuasa itu terus menjalar ke aliran selokan-selokan di bawah jalan raya ibu kota. Pengemis berdasi bergelimpangan memenuhi zona kapitalisasi ekonomi yang tak pernah lagi sama. Tipu muslihat tel

Passing Through

Hampir setiap tiga bulan kita bisa lihat ada smartphone keluaran terbaru yang mengusung spesifikasi terbaik. Handphone yang ada di tangan kita saat ini bisa menyediakan hampir semua kebutuhan kita, dia menampilkan sejuta pesona, dia adalah layar kotak bersinar penuh kilau. Sebagian waktu kita bisa jadi lebih banyak dihabiskan di depan layar smartphone atau komputer. Tapi tahukah kamu bahwa waktu adalah salah satu modal terbesar kita untuk membuat diri kita menjadi apa kita inginkan. Misalnya, kita ingin jadi orang sejahtera yang terlihat dari mobil yang kita punya, kita ingin punya perusahaan yang mempekerjakan beberapa karyawan, kita ingin lulus cumlaude dari sebuah universitas dan dipanggil sebagai mahasiswa terbaik pada perayaan wisuda, dan seterusnya. The problem is: the most of us doesn't realize what we want to be. " Because we're living in a world of fools ," begitu kata band legendaris Bee Gees dalam salah satu lagunya. Apa saja yang bersinar di layar gadget